28 Feb 2024
Transformasi digital merupakan salah satu bentuk transformasi bisnis. Semakin besar skala perusahaan maka efisiensi pekerjaan dan efisiensi harga menjadi penting untuk memaksimalkan pendapatan (revenue). Namun tidak sedikit yang tidak menemukan urgensi dikarenakan merasa bahwa perusahaan masih mendapatkan laba sehingga belum memerlukan suatu perubahan ke digital, padahal itu adalah mindset yang salah. Mari bersama kita pelajari cara meningkatkan nilai daya saing dan bentuk bentuk perubahan yang bisa dilakukan.

Urgensi Digitalisasi Bisnis
Perubahan akan selalu terjadi setiap saat dan tidak bisa dihindarkan, era tersebut dikenal dengan "digital disruption" yang telah mengubah kebiasaan sehari hari mulai dari cara kerja, cara belajar, sampai cara sosial kita.
Tidak pernah terbayangkan sebelumnya kalau kita akan menggunakan handphone untuk memanggil gadget dan membayarnya secara instan melalui QRIS, tidak terbayangkan juga kalau sekarang kita bisa bekerja dimanapun dengan istilah "Work From Anywhere (WFA) dimana seorang teknisi dari india dan bangladesh dapat menjadi karyawan di perusahaan terkemuka di Indonesia seperti Tokopedia dan Gojek. Oleh karena itu perusahaan perlu menjadi inovatif atau menunggu kebankrutan yang akan diganti oleh pesaing yang lebih inovatif, jika ada pertanyaan kapan waktu yang tepat digitalisasi bisnis maka jawabannya selalu sama yaitu Sekarang.
Alasan Digitalisasi Bisnis
Teknologi yang tepat
Beberapa teknologi yang tepat untuk digitalisasi bisnis anda diantaranya adalah
1. Sistem Akuntansi
Teknologi terkini membuat sistem akuntansi terbagi menjadi dua yaitu software dan website, sistem akuntansi berbentuk aplikasi (software) perlu dibangun dengan tim IT yang handal sedangkan website dapat diakses melalui perangkat apapun dengan login namun perlu biaya bulanan (subscription)
2. HRIS (Human Resource Information System)
HRIS adalah sebuah sistem komputer atau perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu manajemen sumber daya manusia (SDM) di sebuah organisasi atau perusahaan. Sistem ini mengintegrasikan berbagai fungsi administrasi dan manajemen yang terkait dengan SDM ke dalam satu platform yang terpusat. fitur dari HRIS adalah:
3. Inventory Management System
Sistem yang dirancang untuk mengelola dan mengawasi semua aspek dari persediaan atau stok barang dalam suatu bisnis atau organisasi. Sistem ini mencakup pengelolaan stok masuk, penyimpanan, pemindahan, hingga pengeluaran stok untuk kebutuhan produksi atau penjualan. Secara detail fitur dari Inventory System Management adalah:
Pemantauan Stok: IMS memungkinkan perusahaan untuk memantau jumlah barang yang tersedia dalam gudang atau lokasi penyimpanan lainnya secara real-time.
Manajemen Pemesanan: Sistem ini memfasilitasi proses pembuatan pesanan pembelian untuk menambah stok, serta proses pemesanan pelanggan untuk pengiriman barang.
Pengelolaan Penerimaan dan Pengiriman: Membantu dalam mengelola penerimaan barang dari pemasok dan pengiriman barang kepada pelanggan. Ini mencakup pencatatan penerimaan, pengeluaran, dan pengiriman barang, serta pembaruan status inventaris.
Penyusutan dan Penyesuaian Stok: Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk melakukan penyesuaian stok, baik itu untuk menyusutkan stok yang rusak atau kadaluwarsa maupun untuk mencatat kehilangan atau pencurian barang.
Analisis Predisksi Permintaan (Forecasting): Beberapa IMS dilengkapi dengan fitur peramalan yang membantu dalam memprediksi permintaan barang di masa mendatang, sehingga perusahaan dapat merencanakan persediaan dengan lebih baik.
Pelaporan dan Analisis: IMS menyediakan alat untuk menghasilkan laporan tentang status inventaris, jumlah stok, nilai inventaris, dan lain-lain. Analisis ini membantu manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik terkait pengelolaan persediaan.
Membangun aplikasi sendiri menjamin kesesuaian lini bisnis anda dengan sistem yang anda miliki sekarang sehingga proses integrasi akan berjalan dengan baik. Lumen teknoindo sebagai perusahaan IT berpengalaman merupakan mitra yang tepat untuk membangun aplikasi yang dapat mendukung digitalisasi bisnis secara efektif dan efisien. Konsultasikan kebutuhan anda bersama kami untuk menganalisis solusi permasalahan anda.
Selain memberi layanan terbaik pada konsumen, LUMEN TEKNOINDO akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk memenuhi kebutuhan Teknologi Instansi anda.
Informasi lebih lengkap silahkan Download Company Profile dibawah
Jl. Dusun Penen No. 1a, Penen, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, D.I Yogyakarta 55581
info@lumenteknoindo.co.id
+6287732994755