Aplikasi atau yang umumnya kita kenal dengan perangkat lunak adalah serangkaian program komputer yang dijalankan pada sistem yang telah dirancang khusus dan kemudian dikembangkan agar dapat melakukan tugas tertentu sesuai dengan keinginan pemiliki bisnis. Pengembang aplikasi yang sering disebut sebagai Software developer adalah tim yang bertanggung jawab untuk merancang dan membangun aplikasi sesuai permintaan klien dan kemudian mereka tawarkan untuk dijual. Meskipun demikian, pengguna juga dapat mengunduh berbagai aplikasi secara gratis melalui toko aplikasi di smartphone mereka.
Bagi sebagian pengguna, aplikasi hanyalah tampak sebagai hasil akhir dari proses pengembangan yang dapat membantu mereka dalam berbagai keperluan. Namun, bagi mereka yang ingin memahami lebih dalam tentang istilah ini, penting untuk memahami secara lebih rinci mengenai aplikasi, termasuk definisinya, fungsinya, klasifikasinya, dan contoh-contohnya.

Mengenal Pengertian Aplikasi
Aplikasi merujuk pada perangkat lunak yang menggabungkan berbagai fitur tertentu dan dapat diakses oleh pengguna. Ada berbagai macam aplikasi yang tersedia yang bisa diinstal di komputer, App Store untuk iOS dan Playstore untuk android. yang menyediakan berbagai layanan kepada pengguna. Sejak kemunculan iPhone pada tahun 2007 dan pendirian App Store pada tahun 2008, aplikasi telah menjadi elemen kunci dalam revolusi smartphone.
Tidak hanya itu, popularitas aplikasi telah menghasilkan lahirnya berbagai industri bervaluasi fantastit. Sebagai contoh, industri sosial media seperti facebook, instagram, tiktok yang bervaluasi lebih dari $100 miliar per kuartal, sementara aplikasi dari perusahaan Enterprise Resource Planner bernilai $20 miliar per tahun
Peningkatan pesat dalam popularitas aplikasi ini juga berdampak signifikan pada industri periklanan. Dengan penetrasi yang luas, pemasaran melalui perangkat seluler menjadi semakin penting bagi perusahaan. Baik melalui pendapatan langsung dari aplikasi maupun melalui akuisisi pengguna untuk bertransaksi di aplikasi moble. Aplikasi telah mendorong cara melakukan branding dan beriklan menjadi industri yang berharga secara global. Selain itu, aplikasi seluler juga penting karena kemampuannya yang serbaguna, membantu memudahkan berbagai aspek kehidupan masyarakat.
Manfaat Utama Memiliki Aplikasi
1. Mengatur waktu dengan baik
Dengan memiliki dan menggunakan software maka anda dapat mengatur waktu dengan baik, seperti dengan memanfaatkan fitur kalendar pada handphone anda dapat mengingatkan anda untuk menghadiri meeting dan datang ke lokasi tertentu lengkap dengan fitur keterangan yang bisa anda tambahkan di jauh hari sebelumnya. Hal ini juga bisa diterapkan di aplikasi anda seperti HRIS (Human Resource Information System) untuk mengatur penjadwalan sistem ketenagakerjaan seperti meeting dan interview karyawan baru maupun diterapkan di ERP (Enterprise Resource Planning) untuk mengatur pengiriman barang baik ke gudang maupun ke klien.
2. Efektifkan kolaborasi tim
Aplikasi memungkinkan anda untuk bekerja sama dengan seluruh divisi yang berbeda tanpa harus bekerja di satu meja dan lokasi yang sama, bahkan di tahun 2024 ini istilah WFA (Work From Anywhere) sudah sangat populer yang memungkinkan seluruh karyawan dapat mengakses pekerjaanya dengan mudah meskipun tidak berada di kantor, ketika liburan, bahkan ketika sakit dan dirawat di rumah sakit.
3. Meningkatkan efisiensi kerja
Sudah banyak aplikasi terkait manajemen proyek seperti trello dan notion yang dapat membagi tugas, mengatur rioritas tim, dan memantau progress project secara efektif. Seluruh tim dapat berkontribusi dengan menambahkan tugas yang perlu dilakukam, memberitahu tim terkait isu yang sedang dikerjakan, dan memberitahu tim tugas yang telah diselesaikan sehingga dapat diterukan ke divisi berikutnya.
4. Memudahkan akses informasi
Aplikasi memungkinkan anda untuk mengakses informasi menggunakan handphone, bahkan aplikasi yang terhubung dengan Cloud memungkinkan anda untuk mengedit kapanpun. Tidak heran bahkan di zaman sekarang orang dapat melakukan meeting dan pekerjaanya di cafe karena kemudahan akses tersebut.
5. Pemantauan kinerja karyawan
Anda tidak perlu lagi untuk standby di kantor untuk memastikan bahwa karyawan akan selalu bekerja ketika anda memantaunya, dengan menggunakan aplikasi dan memastikan bahwa seluruh pekerjaan diinput di sistem maka anda bisa melihat hasil pekerjaan karyawan mana yang telah selesai dan karyawan mana yang belum selesai dan masih membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
6. Otomatisasi tugas harian
Anda tidak perlu lagi membalas seluruh email satu satu untuk menyapa pelanggan anda ataupun mengirimkan email marketing ke seluruh database pelanggan anda yang banyak secara manual, dengan adanya aplikasi anda bisa mengotomatisasi menggunakan sistem dan hanya tinggal menunggu notifikasi bahwa seluruh pekerjaan telah selesai dilakukan.
7. Meningkatkan komunikasi dengan pelanggan
Pelanggan di masa kini sudah jarang datang ke lokasi fisik anda untuk menanyakan ketersediaan produk ataupun bertanya terkait syarat dan ketentuan promo yang sedang ada, pelanggan lebih memilih untuk menggunakan aplikasi Customer Relation Management (CRM). Aplikasi CRM memungkinkan bisnis anda melacak interaksi dengan pelanggan, mengirim pesan-pesan yang dipersonalisasi, dan memberikan notifikasi kepada seluruh pelanggan terkait promo yang sedang berlangsung di dalam satu aplikasi yang sama. Dimana secara tidak langsung aplikasi inipun dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
8. Analisis data dengan akurat
Pada aplikasi terdapat fitur yang sangat canggih dikenal dengan dashboard, dashboard memuat beberapa informasi singkat yang disajikan dalam bentuk tabel maupun persentase dimana data tersebut didapatkan dari rangkuman angka yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebagai contoh pada aplikasi pembukuan keuangan ketika anda baru memasuki aplikasi tersebut akan ada angka yang menunjukkan data penerimaan bulanan yang telah diterima erusahaan berdasarkan angka yang telah diinput kemarin, ketika seorang karyawan akuntansi tersebut menambahkan nominal penerimaan maka angka di dashboard secara terkini akan merubah hasil data berdasarkan penambahan angka terbaru.
9. Meningkatkan keamanan data
Dengan menggunakan aplikasi anda tidak perlu khawatir akan kebocoran data dan terjadinya penyalahgunaan data sensitif akan tersebar karena di setiap aplikasi terdapat fitur yang dikenal dengan "History Log" yang memungkinkan bisnis dapat mengetahui siapa yang mengakses informasi dan informasi apa yang telah diakses dan didownload.
10. Fleksibilitas kerja
Aplikasi produktivitas mobile memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja, sehingga meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan kerja-hidup
11. Melatih dan mengembangkan karyawan
Aplikasi e-learning memungkinkan perusahaan untuk menyediakan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan mereka secara fleksibel dan efisien. Dimana aplikasi ini dapat diselipkan di aplikasi yang anda miliki sebagai tutorial awal agar karyawan dapat menggunakan aplikasi anda dengan baik.
12. Melacak inventarisasi dan aset
Ketika anda memiliki aset dan inventarisasi yang sangat banyak maka Enterprise Resource Planning (ERP) dapat memungkinkan anda melacak jumlah inventarisasi berdasarkan jumlah barang yang telah dipesan beserta barang yang telah keluar karena telah terjual sehingga anda tidak perlu lagi menunggu waktu yang lama untuk karyawan anda melakukan audit stok dan juga mencegah terjadinya fraud akan aset anda.
Berdasarkan seluruh manfaat tersebut maka dapat diketahui bahwa aplikasi memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk memudahkan dan mengekspansi bisnis anda, namun perlu digarisbawahi bahwa aplikasi perlu disesuaikan dengan proses bisnis anda. Untuk itu anda bisa berkonsultasi dengan Konsultan IT Lumen Teknoindo secara gratis untuk menganalisa kebutuhan anda dan juga percayakan pada kami sebagai perusahaan software development untuk menembankan aplikasi terbaik bagi anda. Seluruh sistem aplikasi yang kami buat dijamin kompatible dengan sistem anda saat ini dan dapat dijalankan secara bersamaan.